Home » » Intercom Dua Arah

Intercom Dua Arah

Rangkaian intercom ini bisa digunakan untuk komunikasi dua arah, sehingga tidak memerlukan PTT switch seperti intercom pada umumnya. 

intercom 2 ways system


Gambar 1 menunjukkan blok diagram sistem intercom dan gambar 2 menunjukkan rangkaiannya. Intercom ini memiliki dua channel yaitu unit 1 dan unit 2. Seperti yang terlihat pada gambar 2. Gain dari kedua penguat (IC1 & IC2) sekitar 200 sehingga cocok menggunakan condenser mic. 



Rangkaian yang terdiri dari transistor T1 berfungsi untuk memperkuat sinyal rendah yang dihasilkan dari mic, transistor BC547 memiliki noise rendah namun gain-nya cukup tinggi.
Nilai resistor R11 ditentukan dengan menyesuaikan tegangan antara kolektor dan emitor T1 yaitu sekitar setengah dari tegangan catu daya. Resistor R12 harus memiliki nilai yang rendah. Sebagai contoh, jika emitor T1 terhubung ke ground, nilai R12 bisa rendah mencapai 1K ohm (umumnya, memiliki rentang 680 ohm - 4,3K ohm). Preamplifier bisa dikacaukan oleh frekuensi yang sangat besar. Jadi, gunakan nilai R1 yang relatif kecil agar input tidak mudah terpengaruh oleh noise elektromagnet. 

IC LM386 berfungsi untuk memperkuat sinyal suara yang keluar melalui speaker, besar volume suara bisa diatur melalui VR1. 


5 komentar:

  1. bisa minta tolong bikinin interkom dari headset hp pak?

    ReplyDelete
  2. Jadi inget alat komunikasi di pondok, dari kantor mau nyari santri, gak usah bengok2 pake corongan, tp pake semacam interkom 2 arah gitu. Sayangnya, hardware seperti itu sangat sulit nyarinya.

    ReplyDelete
  3. Pak jual unit jadinya nggak? Jika ada saya pesan 20 set

    ReplyDelete
  4. Pesawat intercom saya berbunyi terus,bagaimana solusinya

    ReplyDelete

Popular Posts

Followers