Home » , , » Memperbaiki Lampu Emergency

Memperbaiki Lampu Emergency

Lama juga nggak nulis, jujur lagi nggak punya materi gan. Tapi kali ini saya cuma pengen share pengalaman yang lumayan berkesan (pahit) buat saya.

Belum lama ini tetangga minta bantuanku untuk memperbaiki lampu emergencynya (merek OKI OK-969L). Katanya baru dua bulan dibeli tapi sudah tidak bisa nyala lagi. Sebenarnya aku lagi nggak mud untuk otak atik karena kupikir "Ah... Paling cuma baterainya tuh yang lemah". Tapi karena tidak enak menolaknya akhirnya kuterima.

Cuma 2 senjata yg kusiapkan yaitu obeng dan multitester. Langsung kubuka cashingnya, ternyata ada penampakan trafo yang gosong hingga papan pcbnya juga agak gosong. Besar kemungkinan ada short di bagian trafo sehingga menyebabkan trafo panas dan akhirnya kumparannya putus. Aku cek komponen lainnya menggunakan multitester ternyata masih bagus, aku cek baterainya juga masih bagus. Syukurlah kendalanya cuma satu yaitu trafo (6v 500mA), tapi sayang sekali aku ga punya spare trafo yang sama, yang ku punya trafo 9v. Bisa sih tapi karena dimensinya lebih besar jadi nggak bisa masuk cashing (space dalam cashing ngepress banget). Mau ga mau harus beli dulu.

Muter2 seharian, bensin 1 liter ludes, es teh habis 2 botol, rokok setengah bungkus, baju n sapu tangan lepek karena keringat tapi belum ketemu juga barang yang dicari. Nggak kusangka trafo kecil kayak gitu langka banget di tangerang. Hampir 20 toko elektronik kumasuki tapi nihil. "Sial ni trafo barang kecil n murah tapi nyusahin juga" kalo beli online harus jumlah banyak, mungkin karena harganya cm Rp. 12500/pcs. Kalo menjelajah ke Glodok sih pasti dapat tapi tekor gan nggak sebanding sama upah servisnya. Karena mentok akhirnya kupakai aja trafo 9v yang kupunya. Supaya muat di dalam cashing, posisi trafo dan rangkaian aku ubah paksa.

Karena sudah yakin kendalanya cuma satu jadi sekali pasang terus tes langsung oke deh. Sebenarnya semua lampu emergency sama terdiri dari rangkaian charger, baterai, led driver (yang menggunakan led) atau inverter (yang menggunakan lampu 220v).

Biar postingan ini agak berisi, kali ini saya share deh step memperbaiki lampu emergency.

1. Cek tegangan baterai.
2. Cek koneksi n komponen di rangkaian charger.
3. Cek koneksi n komponen di led driver (yang menggunakan led).
4. Cek koneksi n komponen inverter (yang menggunakan lampu 220v).

InsyaAllah tidak terlalu rumit karena rangkaiannya kebanyakan sederhana.

2 komentar:

  1. Pnya saya sdh ga kehitung lagi tuh bang Tri rusaknya..heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sebenernya sih lbh simple di Lem Biru aj alias lempar trs beli yg baru hehe...

      Delete

Popular Posts

Followers