Home » » Rangkaian Crossover 3 Jalur (High, Mid, Low)

Rangkaian Crossover 3 Jalur (High, Mid, Low)

Musik pada dasarnya terdiri dari beberapa frekuensi di udara, misalnya gitar atau suara biola dapat menghasilkan frekuensi lebih dari 25 Khz sedangkan ketukan drum mungkin terletak antara 100Hz sampai 500 hz. Vokal biasanya di kisaran 10 - 20 Khz. Untuk mendapatkan output hi-fidelity dari speaker maka harus memiliki semacam proses isolasi frekuensi di atas melalui saluran yang berbeda.

Umumnya sistem three-ways speaker mampu menghasilkan output hi-fi yang baik. Ini terdiri dari tiga jenis speaker untuk menangani isi frekuensi yang berbeda dalam musik. Woofer menggunakan frekuensi rendah, mid-range dapat menangani bagian vokal dan tweeter lebih cocok untuk frekuensi tertinggi dalam musik. Tapi speaker ini tidak akan bekerja dengan baik sampai frekuensi diskrit diumpankan ke masing-masing speaker. Hasilnya lebih baik dicapai dengan menggunakan jaringan sirkuit induktor dan kapasitor juga disebut jaringan Crossover.

Berikut ini adalah properti yang melekat pada induktor dan kapasitor yang dieksploitasi dengan baik. Sebuah induktor akan selalu mencoba untuk membatasi setiap kenaikan frekuensi yang melewatinya, sedangkan kapasitor akan melakukan hal yang sebaliknya yaitu frekuensi yang lebih tinggi akan menemukan jalan yang lebih baik melalui kapasitor. Dengan demikian komponen ini dapat disesuaikan dimensinya dengan baik menjadi tiga jenis filter, yaitu:
 
High pass
Low pass
Band pass
 
untuk masing-masing speaker


Mengacu pada gambar, filterasi range rendah dicapai dengan induktor L1 dan kapasitor C1. Mereka menghasilkan roll yang baik atas slope urutan kedua di atas 500 Hz. L2 dan C2 pada dasarnya merespon untuk memperbaiki frekuensi rendah. Dimasukkannya R1 memastikan resistansi konstan secara keseluruhan pada output jaringan bahkan dengan pengaruh dari L2/C2 dan impedansi woofer. Rangkaian mid range terdiri dari L3C3 dan L4C2 yang membantu dalam memberikan roll off yang halus pada frekuensi masing-masing 500Hz dan 5KHz. Kurva roll off berada di sekitar 14dB per oktaf. 

Pada bagian tweeter termasuk L5C4 yang secara efektif menangkap frekuensi di atas 15KHz yang juga merupakan titik crossover untuk bagian ini. R5R6 diatur sebagai attenuators untuk tingkat pencocokan mendekati 6dB untuk menghasilkan respon datar akustik. 


Source: Brighthubengineering

3 komentar:

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker