Home » » Perbedaan Antara Charger dan Adaptor

Perbedaan Antara Charger dan Adaptor

Tak sedikit orang yang masih bingung mendefinisikan perbedaan antara charger dan power adaptor. Hal ini mungkin karena kedua alat tersebut memiliki beberapa persamaan di fisiknya yang antara lain sama-sama terdiri dari rangkaian penurun tegangan, penyearah arus dan regulator. Charger dan adaptor juga sama-sama menghasilkan tegangan.

Postingan kali ini kita membahas perbedaan antara charger dan power adaptor.
 
Charger - aksesoris elektronik yang umumnya bersifat sebagai converter AC ke DC yang tegangan outputnya relatif kecil. Charger banyak digunakan di banyak piranti seperti handphone, camera dan di banyak paralatan elektronik lainnya.

 
Charger menggunakan tegangan yang konstan atau tetap dan frekuensinya statis berfungsi untuk memberi muatan baterai/accu.

Sedangkan power adapter adalah perangkat elektronik yang mengkonversi power, umumnya terdiri dari rangkaian trafo dan dioda penyearah. Selain itu tegangan outputnya bisa veriatif mulai 3v, 5v, 9v, 12v dan seterusnya. Selain tegangan, ada juga adapter yang outputnya bisa diatur menjadi AC atau DC. Perangkat ini banyak digunakan walkman, laptop, printer sebagai penyuplai daya. 

Secara mudahnya Charger adalah perangkat yang berfungsi sebagai pengisi muatan listrik terhadap catu daya (baterai/accu) sedangkan adapter adalah perangkat yang berfungsi untuk menyuplai daya ke perangkat elektronik lainnya.

149 komentar:

  1. mantap infonya gan..

    Http://Alazthairku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Charger untuk hp kok gak ada yg bikin?

      Delete
    2. Ga ad yg bikin gmn gan? Sbnrnya byk cm mungkin dibuat universal yg membedakan biasanya slot outputnya aj krn tiap hp memiliki slot charger yg beda.

      Delete
    3. Saya punya carjer bust power suplei bsa gak.....terus apa yg terjadi klu kabel ples sama mines bersentuhan.....apkh akn meledak....bila dipegang apaka nyetrum....terimakasih atas jwabanya

      Delete
    4. Saya punya carjer bust power suplei bsa gak.....terus apa yg terjadi klu kabel ples sama mines bersentuhan.....apkh akn meledak....bila dipegang apaka nyetrum....terimakasih atas jwabanya

      Delete
    5. Maaf mw nanya bisa g misalx pompa galon rechargeable di fungsikan tanpa menggunakan baterai charge x?kl bs bgm carax?makasih sebelumnya..

      Delete
    6. Terus misalnya ada barang elektronik yg menggunakan adaptor 12 v 2 ampere apakah bisa adaptornya di putus dan langsung menggunkan aki/accu ?

      Delete
  2. Apakah adaptor dapat digunakan sebagai charger???
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa asal tegangan adptor harus konstan menyesuaikan tegangan baterai, begitu juga dengan arus adptornya.

      Delete
    2. Adaptor bisa gk untuk menggerakkan dinamo DC12V dan apa semua dinamo DC ber ampere, trims

      Delete
  3. apakah charger bisa digunakan sebagai adaptor..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bs mas jika tgangan n arus charger sesuai dgn tgangan krja yg dibutuhkan oleh rangkaian. Contoh charger bs utk mylakan led.

      Delete
    2. Mas apa bisa carger aki. Di pake buat spekaer subwofer 12v

      Delete
    3. Mas apa bisa carger aki. Di pake buat spekaer subwofer 12v

      Delete
    4. maaf mw tanya..adakah efeknya bila charger digunakan sebagai adaptor?

      Delete
  4. Gan. Ane punya adaptor 12v trus rencanax mau ane turunin jd 3v-5v. Komponen apa yg hrus ane gnti....
    Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Outputnya dipasang regulator LM7805 aj supaya output jd 5v.

      Delete
    2. Gan, kalau router Indihome adapter nya 12 volt 1 A, klo pas listrik mati pake aki 12 volt 7 A aman gak

      Delete
    3. Aman, yang penting sama 12volt,

      Delete
  5. Saya juga tau bedanya charger sama adaptor, klo charger untuk ngecas. Klo adaptor untuk printer :) #bercanda. Maksud kita apakah ADA perbedaan arus, tegangan atau rangkaiannya. Sekalian rumus klo kita mau ngecas *terimakasih*

    ReplyDelete
  6. oh begini, garis besarnya sama yaitu mensuplai arus melalui tegangan, nah bedanya pada cara menurunkan tegangan 220 volt ac, adaptor kebanyakan menggunakan trafo penurun tegangan ( walaupun sekarang sudah banyak tidak menggunakan langsung trafo penurun tegangan) nah yg disebut kepala charger itu sebetulnya adaptor juga namun penurun tegangannya tidak langsung trafo namun melalui rangkaian elektronik baru ke trafo, istilah nya SWITCHING, kelebihan power suplay switching ukurannya kecil - kelemahannya cepat rusak karena naik turun volt pln atau juga beban.
    coba bayangin mau charger powerbank butuh dc 5 volt 2 amper - enak mana pake kepala charger ato adaptor yg ada trafo 2 amper gede berat sebesar dua kepal tangan.......nah kemudian adaptor hanya mensuplay saja, kalo batery penuh - terus saja dia suplay, kalo charger ada circuit pemutus arus bila batery penuh.. ok. salam dari pondokgede

    ReplyDelete
  7. Perbedaanya hanya sederhana cuma kita liat di jembatan dioda...kalo ada jembatan dioda itu disebut adapter..andai kita beli hp pasti dikasih charger..sebenarnya itu adapter namun org sering menyebutkan charger...sistem menurunkan tegangan ac dgn ic dan ada jembatan diodanya..bukan dgn trafo...kalo trafo emang udh jelas min plusnya dikarenakan gulungan primer bertolak belakang dari gulungan sekunder..jadi tidak memerlukan jembatan dioda namun arus masih banyak riaknya..biasanya kalo adapter gak ada ferrit nnya los blong cuman elco...dikarenakan arus di dipake terus menerus...lain halnya dengan charger yg dipake temporer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas danil jembatan dioda berfungsi sebagai penyearah arus ac menjadi dc jd setiap adapter atau charger yang keluarannya bersifat dc pasti memiliki jembatan dioda sebagai penyearah arusnya. Trafo hanya utk menurunkan tegangan dr 220v menjadi tegangan yang lebih rendah atau mendekati tegangan yang dibutuhkan tapi arusnya msh ac dan hrs disearahkan dulu. Adapun charger/adapter yg tnpa trafo biasanya tegangannya diturunkan menggunakan rangkaian RC dan kemudian tetap hrs disearahkan dengan dioda. Adapun IC yg anda maksud bersifat regulator saja agar tegangan output stabil sesuai yg diperlukan bukan berperan sebagai penurun tegangan.

      Delete
    2. Iyaa nih
      Si danil udah panjang salah pulak
      Malu maluin aja

      Delete
    3. Kalau misalkan kalau dari listrik PLN AC 220 masuk ke adaptor dan outputnya 12v ,kemudian nanti kita masukan ke inverter bisa ga ya? Atau yang keinverter harus dari aki saja?

      Delete
    4. bisa sekakli, saya seringnya pakainya seperti itu.
      tapi kalau bisa sebelum masuk inverter tegangan di searahkan dulu pakai dioda bridge .

      salam ngoprek

      Delete
  8. Malah lebih greget komentarnya buat nambah ilmu daripada artikel utamanya....hehehe...

    ReplyDelete
  9. kalo kepala colokan masuk ke mana ya?termasuk charger atau adaptor?

    ReplyDelete
  10. mau tanya klo dc motor 12v bisa nyala ga klo pake charger???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu tgangan output chargernya mas kalo 12v juga, itu bisa. Tp kalo pake charger handphone jelas gak bisa krn cm skitar 3 volt outputnya.

      Delete
  11. Sy punya cars leptop output 19.5 V 2.05 A. apa bisa sy gunakan untuk pengisian accu 50 Ah.....
    Dan brapa lama waktu pengisian jika boleh....

    ReplyDelete
  12. Sy punya cars leptop output 19.5 V 2.05 A. apa bisa sy gunakan untuk pengisian accu 50 Ah.....
    Dan brapa lama waktu pengisian jika boleh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangn output diturunkan dl mnjdi max 14v. Dengan power14v n arus 2ampere pengisian sekitar 15 jam

      Delete
  13. wah baru tau, makasih sob bermanfaat artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro saya punya lampu hias pake batere AA tiga pcs, abis betere hrus beli lagi,, klo di langsungin ke listrik bagusnya pake charger apa adaptor terimakasih

      Delete
  14. Saya ingin ubah chargee hp jadi 12 volt gimana carax ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Step up converter yg simpel pake metode joule thief cntohnya http://sukasukapaktri.blogspot.co.id/2013/12/led-flashlight-03-15v.html?m=1
      Tinggal menambah coil (ferrite toroid) yg ssuai n transistor 2N222

      Delete
    2. Beli aj adaptor 12 volt bnyk di online murah gitu aj repot

      Delete
  15. bermanfaat om, jadi nggak keliru lagi hehee

    ReplyDelete
  16. kalau casan itu termasuk yang mana min??

    ReplyDelete
  17. Kalau modul Charger 5volt di gabung dengan step up converter 12 volt , untuk mencharging battery 18650 12volt yg di susu seri...apakah boleh ??? Dan Apakah modul charger 5 voltnya bisa deteksi battery penuh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy blm prnah nemui modifiksi charger sprti itu mas tp pd dsarnya detektor muatan baterai atau protektor over voltage harus dipasang di output charger. Jika tegangan maksimum baterai 12v maka gunakan proteksi yg sesuai supaya baterai aman. Selain itu tegangn dan arus charger juga harus konstan. Arus charger ideal 10-30% dr kapasitas baterai. Jika baterai 3Ah, arus charger 0,3 - 0,9A.

      Delete
  18. Teman saya pernah mencoba menggunakan adaptor sebagai sumber DC untuk inverter dirumahnya. Tapi inverter tidak dapat mengangkat beban dari barang elektronik. Biasanya menggunakan Accu bisa, begitu pakai adaptor tidak bisa. Padahal outputnya sama-sama 12V, arus dari adaptor malah lebih besar dari pada accu. Kenapa ya gk bisa ngangkat beban dari elektronik yg sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya bisa. Mungkin ada koneksi atau jalur yg bermasalah. Periksa menggunakan multitester.

      Delete
    2. Hari ini saya baru cb buat inverter menggunakan modul kit 750W dan travo 5Ampere, sy iseng cb input dc nya menggunakan adaptor 12 Volt, dan alhasilnya berhasil gan.

      Delete
  19. GANNNNNNNNNNNNNNNN ANE MAU NANYA

    (1) ane mau nyoba charger aki 12v 65ah pakai casan hp output 5v 0,5a ditambah ic 7805 agar bisa naik ke 12v bisa ga?

    (2) ane mau nyoba charger aki yg sama dengan casan laptop 19v 3a Perlu tambahan apa agar tegangan aman utk cas aki itu

    (3) ane pengen nyoba charger aki yg sama dengan panel surya 12v 50wp arusmax 3a butuh tambahan komponen apa ya?


    Terimakasih banyak atas ilmunya ditunggu balesan nya

    Kalo mau via WA bisa 0895-6066-12768

    ReplyDelete
    Replies
    1. No 1 tdk bs LM7805 adlh regulator tgngn 5v bkn utk penaik tegangan.

      No 2 bisa tp tidak direkomendasikan krn tegngan charger laptop trlalu bsr jika dipakai utk recharge, elektrolit baterai akn cpt mendidih n panas.

      No 3 bisa tapi prlu ditmbhkan solar charger controller utk mengndalikan charging feedback n mencegah overcharge.

      Delete
  20. Mantap mas bro ilmu nya.
    Aq jg anak TE, kerja di salah satu perusahaan yg cukup terkemuka..
    Penjelasan mas bro cukup simple dan langsung ke point nya.
    Cukup membantu utk teman2 yg masih pemula..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups sama2 belajar mas. Trimakasih sudah mampir kemari...

      Delete
  21. No 1.. trs kalo tdk bisa memakai LM7805 bisa memakai apa ya utk menaikan tegangan dr 5v ke 12v ?

    No 2.. jadi harus saya turunkan ke brp volt dulu pak agar aman dicharge ke aki 12v ?

    No 3.. controller yang dibutuhkan brp ampere dan tipe apa pak ?

    Terimakasih sdh menjawab pertanyaan sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. No 1 sy rasa sgt tdk efisien krn tgngn 5v hrs dinaikan dl menggunakan step up dc-dc converter 5 to 12vdc kemudian anda jg perlu menambahkan rgkaian feedback utk mencegah overcharge. Selain itu arus 0,5A trlalu kecil utk merecharge baterai 65Ah. Arus ideal charger setidaknya 10% dr kapasitas baterai.

      No 2 bisa dilakukan tp anda hrs menambahkan stepdown dc-dc converter spy tgangan output mnjdi lbh rendah stidaknya 14,4 volt.
      Referensi bisa lihat di link berkut:
      http://www.instructables.com/id/How-to-Make-12v-Battery-Charge/

      No 3 bisa dilakukan dgn menambahkan solar charger controller contohnya tipe
      YSMART CMP12-20A PWM 20A.
      Bisa dilihat di link berikut:
      http://www.lazada.co.id/ysmart-cmp12-20a-pwm-20a-solar-controller-12v-24v-intelligencesolar-cells-panel-charge-controller-regulators-intl-15787446.html?spm=a2o4j.brand-50692.0.0.h3Cm6g&ff=1&sc=MQTG&rb=50692

      Delete
  22. Mas sy pny adaptor 12 volt bekasx modem ap bs buat cas aki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak direkomendasikan mba adapter utk merecharge accu trkecuali dimodifikasi dl dgn mnmbhkn charge controller.

      Delete
    2. Tutorial step up charger hp menjadi 12 volt ada ga pak

      Delete
    3. Mungkin link ini bisa mmbntu.
      http://www.electronics-lab.com/project/5v-to-12v-step-up-dc-dc-converter/

      Delete
  23. Bang klo adapter AC/DC 1.5v sampel 12v 1200mA bisa untuk charge batere ni-cd 7.3v 2000mA bisa ga tuh bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tp tdk direkomendasikan. Ngecas baterai Nicd hrs dgn tegangan n arus yg konstan.
      Anda bs setting tgngn adapter mendekati tgngn baterai dan membatasi arus charging stidknya 10 sampai 30% dr kapasitas muatan batrai menggunakan resistor.
      Selain itu anda harus mengontrol suhu baterai slma pengecasan brlangsung, jika baterai panas sebaiknya hentikan.

      Delete
  24. Adaptor multi 1,5v-12v
    1200mA bisa untuk charge aki
    12v 5A ?

    ReplyDelete
  25. Mas, saya punya bor baterai 9,6 volt, tapi baterai udah rusak, rencananya mau buat bor listrik aja, sementara cari trafo 9,6 volt cukup susah, apa bisa pake trafo yg 12 volt? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  26. Mas, saya punya bor baterai 9,6 volt, tapi baterai udah rusak, rencananya mau buat bor listrik aja, sementara cari trafo 9,6 volt cukup susah, apa bisa pake trafo yg 12 volt? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya dibelikan lagi baterainya soalnya sayang skali kl dignti adaptor nnti jd tdk portable lg bornya. Tp kl memang mau coba tnpa baterai coba aja pake adaptor stidaknya 9v/2a.

      Delete
    2. Mas juandi bornya merk bosch GSR 9,6-2 ya,sya jg sama mas mau rubah pakai adaptor,bgmna mas juandi apa sdh berhasil mas?

      Delete
  27. Mas ... saya beli speaker mini yg menggunakan daya dr baterai. Di tempat colokan utk charging tertulis dc 5v. Pertanyaan saya apakah saya bs mencharge speaker tersebut dgn kepala charger hp yg memiliki output 5v ? Trm ksh

    ReplyDelete
  28. Sya mau tnya sy pya lampu led 12v dgn arus 1A, berjumlah 6 dirangkai pararel..
    Kira sy pke pawer supply 12v brp Amper outputny? Pke charger bisa tdk?
    Bgmn hitung2annya
    Maaf ru blajar

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Mas sya ada charger yg mempunyai output 12v 1A, apa bisa di pake untuk nge cars aki mtr vixion?

    ReplyDelete
  31. mas mau tanya, saya ada mesin edc outputnya 9v. mau pake adaptor yng 12v bisa nyala gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahkan regulator LM7809 mas agar output adaptor menjadi 9 volt. Lebih efektif lagi gunakan adaptor yang sesuai, adaptor 9v tidak mahal kok.

      Delete
    2. Bos maaf nanya
      kita mau charger baterai hp nokia tetulis 3.7volt
      tapi charger kita 5 volt
      Aman gak bos??

      Delete
  32. Izin nanya pak ,,
    Saya punya printer yg sudah lama rusak ,,
    Stelah saya bongkar, ada rangkaian suplay kluaran 40 v untuk arus nya sya kurang tau pak,,
    Pertanyaan ,klau saya ingin membuat charger hp dari power supply tersebut ,bagai mna sya akan membagi tegangan tersebut ,,??
    Apakah lm7805 boleh sya serikan ,,?
    Terimakasih sebelumnya pak,,

    ReplyDelete
  33. Seru banget komentar-komentarnya kayak Thread di Forum :D

    Tapi pemahaman saya kok perbedaan cuma di istilah nama saja ya ?, karena Charger pada dasarnya ya Power Adaptor, terdiri dua kata, Power = Daya, yang merujuk pada energi listrit, Adaptor = Pengadaptasi, yang merujuk pada penurunan voltase dan ampere pada eneri listrik tersebut. Saya seperi istilah Adaptor MicroSD to SDCard, atau Adaptor MicroUSB to USB Type C. Adaptor = Converter.

    Tapi kalau berpedoman pada Charger Smartphone saat ini yang sudah mengadopsi Teknologi Qualcomm Quick Charge, itu udh beda bener-bener beda :D

    Karena Charger Quick Charger 3.0 saja ada 3 Variasi tegangan dan arus yakni 5V 2A, 9V 1.5A, dan 12V 1A, dan itu berubah-ubah sesuai variabel pada Micro Chip yang ada pada Charger.


    Kalau Charger Quick Charger 1.0 memang hanya satu tegangan dan arus yakni 5V 2A, untuk tegangan memang statis di 5V, tapi untuk arus dia dinamis sekali, dikontrol oleh modul chip di dalam smartphone (bukan di Charger) yang menentukan berapa arus yang dibutuhkan baterai sesuai referensi suhu baterai, suhu CPU, dsb, jadi misal kita pasang charger 5V 10A, maka yang digunakan oleh smartphone maksimal hanya 2.2A saja, bahkan ketika sudah full 100% hanya sekitar 400 mA (0.4A) saja.

    Jadi, definisi dari saya:

    Jika kita bicara handphone jaman dulu, adaptor dan charger gk ada beda secara fungsi. Dan semua bergantung pada unit adaptor, jika tidak ada modul proteksi, rusaklah baterai karena over-over di berbagai faktor, seperti over-voltage dan over-charge. Serta ada modul auto disconnect/cut-off ketika baterai full.

    Tapi sekarang di era Smartphone, saking banyaknya kualitas charger dari jelek sampai bagus, alhasil modul-modul canggih dan pintar itu dipasang di unit Smartphone-nya, bukan di charger lagi.

    Sehingga pada dasarnya Smartphone saat ini bisa menggunakan Power Adaptor dengan spesifikasi yang sesuai, mial 5V 2A. Untuk urusan regulator, proteksi, dsb sudah dihandle oleh smartphone itu sendiri.

    ReplyDelete
  34. Klo charger laptop 19.5 volt buat ngecharge yang biasanya 19 volt mbikin bocor nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama masalahnya. apakah bisa charge 19.5v dipakai untuk alat yg 19V

      Delete
  35. Mas saya punya adapter 12v 30amp yg kemarin buat nyalain power mobil dirumah.pertanyaannya apa bisa adapter yg saya sebutkan tadi bisa untuk cas aki motor ..terima kasih

    ReplyDelete
  36. Pak mau tanya kalo adaptor/cas-an laptop 19v bisa nggak digunakan buat dinamo 12v ..

    ReplyDelete
  37. Bisa gk ya gan pakai output 12 volt 1 amper buat cas aki

    ReplyDelete
  38. Mau nanya gan..banyak dijual beli online yang jualan led driver yang outputnya dc 12 volt..kalo saya fungsikan itu sebagai power suplay relay dc 12 volt bisa ga?

    ReplyDelete
  39. numpang tanya gan charger saya hilang, yang ada tinggal yang teg 19v 3,5A sedangkan punya saya yang hilang 10v 4A. bisakah charge yang 19v 3,5A diturunkan jadi 10v dengan ampere yang maximal. mohon bantuan dan skemanya. trima kasih ditunggu jawabannya.

    ReplyDelete
  40. Min...klau adaptor yg biasa dipakai unt printer bisa tdak klo dipakai unt adpator mesin pendorong air arus DC, dan apakah adaptor mesin pendorong air hrus adaptor khusus atau bs adaptor apa saja...trims

    ReplyDelete
  41. Bang klo boleh saya mau tanya saya punya charger cctv output 12v 0,5A bisa buat ngeces aki montor ngk ya bang

    ReplyDelete
  42. Bang saya mau tanya saya punya charger cctv output 12v 0,5A bisakan buat ngeceh aki motor
    Makasih

    ReplyDelete
  43. Mau tanya nih.. klo adaptor nya 6v ke lampu led yg 12v, bisa nyala ngk ya.?? Trims..

    ReplyDelete
  44. sya ngecas aki 12v 100a dgan travo dan dioda bridge tegangan out put 18v, setelah d cas bbrapa jam teg aki yg asalnya 11v jd 13,9v. tp gk kuat pake start mbl, malah ngedrop lg. coba d cas k tempat cas aki, d cas slma 3 jam aki jd 13,5v. coba pasang n start d mbk langsung greng. padahal voltase aki lebih besar hasil ngecas sya. itu knp ya gan?

    ReplyDelete
  45. Gan kalo ht saya yg.asli tertulis 10v 500mA,bolehkah saya pake adaptor chargernya 12v 500mA thanks.

    ReplyDelete
  46. Alat steam cuci motor saya adaptor output 12 volt rusak sy udah beli adaptor output 19 volt apakah bisa gan, thanks

    ReplyDelete
  47. Mo nanya min,, aku ada charger aki mobil mobil an output dc 12v 1000mA, apa bisa buat nyalain tape mobil di rumah? Mksh

    ReplyDelete
  48. klow adaptor dgn ouput 6VDC 400mA...bisa d naikin k 12v ngga mas...
    ksih wiring.a dong mas...mksh

    ReplyDelete
  49. Tanya min kalau xingma adaptor mw di pakai di polarily swnya di kanan apa kiri min....?

    ReplyDelete
  50. Min, tb led saya mati yang rusak adpatornya nyari susah banget. Beli onlieo pesan yang 19v 2,53A tapi yang datang 14v 1,7A

    Itu bisa dipake ke tv saya ga?

    Dan karena susah nyari barangnya bisa diganti pakai apa?

    Terimakasih

    ReplyDelete
  51. Gan saya mau tanya,

    Kalo saya cas hp pake charger HP (5v 2A) pas saya monitoring di hp bisa tembus sampe 900mAh++ dan rata rata stabil di 600mAh

    Tapi.. jika saya charger pake Adaptor IP Phone/Switch Hub yg spesifikasinya sama (5v 2A) dan pas dimonitor di hp awalnya dapet di ±900mAh dan lama lama turun hanya stabil di 30-50mAh

    Pertanyaannya apa yg buat arus adaptor menurun dan ga maksimal di hp saya?

    Apa metode penyuply'an adaptor dan charger berbeda?
    Artinya charger akan supply semaksimal mungkin dia bisa kasih arus, dan adaptor hanya supply sesuai kebutuhan device hp saya?

    Thx

    ReplyDelete
  52. Mas Tri, saya punya adaptor 10A dengan 12-13,8V apakah bisa dibuat charge aki mobil 12V/45A? Dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk charge smpai aki penuh? Terima kasih

    ReplyDelete
  53. Selamat pagi mas, aku Nemu digudangkan alat bertuliskan multi charger dibagiin mukanya, juga ada putaran utk menentukan berapa amperenya (max 5.5amp), ada pula tombol utk utk memilih fast charging, slow charging dan discharging. Lalu ada sikrinh gepeng 7.5amp dan dua colokan kutub uotput (+)&(-). Dibagiin belakang ada kabel power input AC/PLN, sikring botol 5amp dan kabel output. Ini alat apa mas? Lalu colokan kutub + dan - di bagian depan untuk apa? Dan kabel output di bagian belakang untuk apa? Terimakasih

    ReplyDelete
  54. Mas mau tanya
    Saya punya drver LED 12 volt 27 ampere, bisa tidak ya di gunakan sebagai cas aki, kl bs butuh komponen apa saja apa cuma tinggal pakai tanpa tambahan komponen, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  55. gan saya mau tanya saya buat rangkaian batre total 24v.
    Bisa tidak untuk pengisian dayanya saya menggunakan charger hp trims

    ReplyDelete
  56. Mas klo adaptor bawaan receiver digital 12v 1a diganti dgn 12v 2a apakah blh?
    Sy tes sih normal2 aja, tp apakah akan ada dampak jika digunakan lbh lama?

    ReplyDelete
  57. Mas. Sya punya adapter 15,5v 3a.
    Rusak. STLH sudah bongkar ternyata IC CR6842 short. Yg mau sy tanya
    1. Apakah bisa adapter 15,5v 3a. Diganti dgn 15v 5a.
    2. Kalo sy bikin pake trafo 3a, output 15v. Terus di searahkan dgn dioda IN4001. Apakah bisa untuk suply daya perangkat 15vdc.
    3. Apa penyebab short nya IC CR6842.

    ReplyDelete
  58. Maaf mau nanya gan, kalau adaptor 13v bisa untuk charge lampu emergency yg 6v tidak?? Terimakasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  59. Mas mau tanya kalo charger android apakah bisa di gunakan buat ngcas mesin edc??

    ReplyDelete
  60. Mas mau tanya ap bisa charger /cas aki digunakan menghidupkan pompa otomatis cuci motor pengganti adaptor/aki...

    ReplyDelete
  61. Apakan adaptor 6a mp bisaa buat ngecas aki 12v 8amper mohon penjelasannya maturswun

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah nyoba ngecas aki 12v 4amper pake carger laptop 19v. 2 jam mantab, 4 jam makin mantab. tapi cargernya panas bunyi decit. sekarang jebol elco. udah saya ganti elconya yang mlendung dan buat cadangan ngecas aki lagi. haha....coba aja lebih jos. tanggung sendiri resiki nya.

      Delete
  62. Om saya punya adaptor dc 12 volt 1,5 A rencana mau saya pakai buat cas batu baterai AA 1,2 volt 1000mah sebanyak 10 buah kira2 caranya bagaimana ? Mohon petunjuknya. Trima kasih.

    ReplyDelete
  63. Om, kalau adaptor yg outputnya misal 5v, terus mau nyalakan dinamo yg 5-9v bisa aja ya? langsung colok ajakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa... Tentunya daya adaptor yang rendah mempengaruhi kecepatan putaran dinamo.

      Delete
    2. HP dikasih adaptor apakah juga akan mengisi batereynya dengan tegangan listrik?
      Mengapa tidak ada adaptor untuk HP, jadi kita bisa bermain game berjam-jam.

      Delete
  64. Mas kalo adapter output 12v ditambah charger hp output 5volt diseri , bisa utk charger aki....?? Trims

    ReplyDelete
  65. Saya baru belik charger 12 volt kenapa pas di cas HP saya jadi nyetrum... Hampir mati saya HP ny saya campak kn..

    ReplyDelete
  66. Kenapa nggak ada yang buat sistem pengisian baterai yang bisa diisi terus saat dipakai, dan berhenti saat nggak dipakai atau standby baterai saja tanpa isi?
    Jadi arus daya selalu ada tak pernah habis, baik hp, kendaraan listrik, atau perangkat elektronik bermesin lain.

    ReplyDelete
  67. Ada yg punya solusi ngga .. ? Aku salah nylokin adaptor bb glow k adaptor yg tgangan ny lbh gede .. skrg d clokin k adaptor aslinya yg aga kcil mlah gak nyala lg .. gmn cara bnrin ny

    ReplyDelete
  68. Charger mobilan aki anak saya mati apa bisa di cahrger pake adaptor kalau lihat tuslisan nya input sama output nya hampir sama cuma beda dikit di output , di charger output 12V/1000ma sedangkan di adaptor output nya 12V/2.0A ,, apakah adaptor ini bisa buat charger mobilan aki anak saya ya ?

    ReplyDelete
  69. Klo baterai 3.6v bisa g di cas pake carger 5v? Mohon informasinya...

    ReplyDelete
  70. bisakah adaptor di buat otomatis

    ReplyDelete
  71. Pompa dc 12v bisa pakai adaptor 24 v gak ya?

    ReplyDelete
  72. Mas...
    Saya mau tanya,
    Saya punya perangkat elektronik yg adaptornya rusak
    Di adaptornya 5v 600mAH/0.6A
    Nah yg ingin saya tanyakan
    1. Kalau di ganti dgn adaptor 5v 500mah/0.5A bisa gk mas?
    2. Bisa rusak tidak perangakat elektronik jika di ganti dgn adaptor tersebut

    Thanks mas,

    ReplyDelete
  73. Numpang tanya. Di rumah saya punya radio kecil yg sumber listriknya bisa menggunakan dua buah baterai ukuran AA atau dari adaptor DC 5 volt 250 mA. Masalahnya di paket penjualan tidak menyertakan adaptor yg sesuai spesifikasi. Bahkan baterainya pun tdk disertakan, harus beli sendiri. Selama ini beli baterai terus lama2 terasa berat di duit. Mo beralih ke adaptor aja, tinggal colok ke PLN. Iseng2 cek charger hape (adaptor juga kan). Disitu tertulis outputnya DC 5 volt, 1 A. Amankah charger ini saya pakai?

    ReplyDelete
  74. Pak,sy mau bertanya.. Apakah bisa Power Supply Switching Ac to Dc 12v 20amp digunakan untuk men-charger Accu 12v 7amp..? Terima kasih.. Mohon jawaban'nya..Salam

    ReplyDelete
  75. Mas, saya mau tanya apakah cocok adaptor dc output 9v 0.6A di gunakan di dc in 6v, apakah tidak merusak elektronik tersebut???

    ReplyDelete
  76. saya punya aki kering 6volt 4,5ah
    saya mau cas pakai adaptor travo 12 volt 1 amper kira2 brp lama cas nya

    ReplyDelete
  77. Maaf numpang tanya sya pny adaptor 12v bekas boster tv kira2 bs ga buat cas batre kotak 9v mas.?

    ReplyDelete
  78. Kenapa power supply switching out put 12 volt gak bisa di gunakan untuk inverter, power supply mosfet shoot

    ReplyDelete
  79. Maaf gan, mau bertanya :
    Saya mengganti sumber power router dari telkom.
    Tadi nya menggunakan adaptor 12 volt 1 amp
    Trus saya ganti dengan power dari SSC solar panel dengam penambahan stabilizer XL6009.
    Hasilnya telp tidak bisa digunakan
    Padahal output dari kedua jenis power tersebut sudah saya ukur dan pass 12 volt.
    Kenapa ya gan? Padahal sama2 12 volt.
    Mohon pencerahan
    Terima kasih sebelumnya.
    O ya kapasitas SSC saya 20 amp.

    ReplyDelete
  80. Met malem gan,
    Mau tanya gimana nurunin tegangan charger laptop dr 19v jadi 14v?, tks gan

    ReplyDelete
  81. Mau tanya... saya punya adaptor HT. 12v 5A.. apa bisa buat cash Hp.. trims

    ReplyDelete
  82. NURUT SAYA CHARGER SAMA ADAPTOR SAMA AJA INTINYA MENURUNKAN ARUS, BEDANYA CUMA OUTPUTNYA, ADAPTOR KARENA FUNGSINYA UNTUK PEMAKAIAN LANGSUNG KE ALAT (RINGAN/BERAT) KALAU CHARGER UNTUK ISI DAYA BATRE, SEHINGGA TEGANGAN (VOLTNYA) HARUS DIATAS YANG DI ISI, SEHINGGA KALAU CHARGER MAU DIGUNAKAN KE ALAT, IA AKAN KELEBIHAN (DIATAS) VOLTASE SEHINGGA BISA BERAKIBAT ALAT AKAN KELIEBIHAN TEGANGAN DAN BIASANYA AKAN MEMBUAT ALAT TERSEBUT MENJADI PANNAS/ TIDAK AKAN AWET, MAAF KALAU SALAH

    ReplyDelete
  83. Saya punya adaptor utk audio portable dg daya 9V-1.5A. Klu mau sy isi pakek accu itu V brp A nya brp

    ReplyDelete
  84. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  85. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  86. Om.. Saya punya inverter+charge aki 12v. Bisakah inverter itu saya pake buat adaptor (listrik ke pompa) pompa air 12v. Kbetulan specifikasi ampere nya sama2 10A. Maap min, jawab nya yg simple aja ya... (Saya awam d elektronika). Terima kasih min...

    ReplyDelete
  87. mas saya punya tv led 19v 1.1amper ilang boleh ngga saya pake adaptor laptop yg 19v 3.5 ampere merusak nda pada rangkaian tv mohon penjelasannaya

    ReplyDelete
  88. Gan mau tanya kalau sebuah inverter dengan sumber daya awal aki 12v 60a membangkitkan listrik ac 1200 W kemudian sebagian dayanya di pakai menyalakan adaptor untuk mengganti fungsi aki sebagai sumber awal energi pembangkit inverter apakah mungkin bisa berkelanjutan enrgi listrik yg di hasilkan? Lebih memungkin mana kelanjutan suolay listriknya, bila d bandingkan dengan sumber energi awal tetap pakai aki tapi di charge dengan cahrgerl yg istriknya diambil dr inverter?

    ReplyDelete
  89. Bos apakah canger leptop bisa jafi adaptpr reciver kvision

    ReplyDelete
  90. Pembahasan dan penyampaiannya mudah difahami

    Thanks

    ReplyDelete
  91. kalau menurutku, berdasarkan melihat, menimbang, dan merasakan carger dan adaptor ya sama, cuman,,, biasanya
    adaptor arus lebih stabil kalau saya kata lebih bersih arusnya bisa di sebut power suplay, dan dapat juga di gunakan untuk carger,
    kalau carger; biassnya di buat arusnya yg penting searah kalau saya kate masih kasar, jika di buat suplay perangkat audio biadsanya suara kurang bersih, dan biasanya voltase lebih besar dari yg dibutuhkan perangkat, untuk carger 12volt maka bisanya carger output sampa 13volt lebih. beda dg adaptor jika misal untuk menggantikan batrai 12volt maka adaptor juga output 12v.

    ReplyDelete

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker