Home » » Rangkaian Power Bank Handphone Sederhana

Rangkaian Power Bank Handphone Sederhana

Power bank merupakan salah satu perangkat elektronik yang menghasilkan tegangan dan berfungsi untuk me-recharge gadget seperti handphone, mp3 player dan lain sebagainya. Di dalam power bank terdiri dari baterai yang memiliki power besar, umumnya 2000mAh - 10000mAh dengan tegangan 7,4 volt.

Baterai handphone pada umumnya memiliki kapasitas tegangan sebesar 3,7 volt. Oleh karena itu diperlukan sebuah regulator tegangan agar tegangan 7,4v dari baterai tadi menjadi stabil 5v.

Tegangan output regulator 5 volt ini dikatakan cukup kompatibel karena tegangan charger harus lebih besar dari tegangan baterai yang akan di recharge.
 
Rangkaian: 





Komponen:

BT1    : Baterai 7,4 volt, 4200 mAh.
C2    : 1000 uF/16v
C3    : 470 uF/16v
R1    : 150 ohm
D1    : LED
U1    : Regulator LM7805

Catatan:
  1. Power bank juga perlu di recharge agar power di dalam baterai BT1 tidak kosong. Pada rangkaian di atas, power bank dapat di recharge menggunakan adaptor 10 V, 1 ampere. 
  2. Kita juga bisa melakukan recharge handphone meskipun power bank sedang di recharge yaitu dengan cara menutup SW1. 
  3. Ketika SW1 ditutup, tegangan output baterai BT1 akan diregulasikan menjadi 5v melalui regulator LM7805. Tegangan 5v ini yang akan dipakai untuk merecharge handphone. 
  4. LED D1 berfungsi sebagai indikator saat proses recharge berlangsung dan bukan sebagai indikator penuh tidaknya baterai handphone yang sedang di recharge. Oleh karena itu perlu pengontrolan secara berkala terhadap baterai handphone. 
  5. Usahakan SW1 dalam keadaan terbuka ketika power bank tidak digunakan. 

11 komentar:

  1. cara ngecas pbnya gimana, gan, tolong diperjelas lagi rangkaiannya..
    maaf masi newbie..
    makasih banyak, bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baterai di power bank hrs yg rechargable, bs dicas pake adaptor 10volt/1A.
      koneksikan output adaptor 10volt ke kutub positif baterai (+) dan groundny ke kutub negatif baterai (-).

      Delete
  2. Mantap ni gan skemanya,, itu tipe batrainya tipe 18650 kah?? brarti harus 2 buah batrai diseri untuk menghasilkan -+7Volt lalu diturunkan menggunakan ic 7805..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Salam kenal mass, mohon pencerahan, input dc apakah harus 10v? Adaptor dc outnya 9v dan 12v, dan dalam rangkaian skema itu langsung masuk ke batre dl yah, tq buat bantuannya... suksesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10v adlh tgngn maksimum yg direkomendasikn sbg charger baterainy. Kl output anda 9v & 12v, lbh baik gunakn yg 9v sj. Ya itu lngsung dikoneksikn ke baterai sesuai polaritasnya.

      Delete
  5. bermanfaat sekali gan misal pengin praktik

    ReplyDelete
  6. Gan klo di chas dgn charge laptop bisa gak ? Tegangan 16v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan adaptor saja mas dengan tegangan 10v sesuai yang direkomendasikan. Charger laptop terlalu besar, berbahaya terhadap baterainya.

      Delete

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker