Home » » DIY Light Box

DIY Light Box

Light box adalah sebuah istilah untuk studio mini yang berfungsi sebagai penunjang product photography. Bagi rekan-rekan yang aktif di bidang e-comerce pasti sudah tidak asing dengan alat ini.

Diy light box

Akhir-akhir ini saya sibuk membantu istri saya yang sedang semangat berjualan kue secara online, otomatis untuk menarik peminat kita harus memberikan gambar produk yang bagus karena pembeli secara online tidak bisa menilai produk kita secara langsung tapi hanya melalui foto. Berdasarkan hal itu lah akhirnya saya membuat light box sendiri menggunakan barang-bekas yang ada di rumah.

Komponen:
1. Sebuah box kardus atau box styrofoam ukuran sekitar 30 x 25 cm (sekiranya muat untuk produk kita).
2. Lampu penerangan, bisa dari rangkaian led atau lampu belajar.
3. Kertas putih polos dan tipis secukupnya.

Langkah-langkah:
1. Buat celah pada sisi samping kanan dan kiri dan juga pada sisi atas sekitar 20 cm persegi menggunakan pisau cutter. Celah ini nantinya berfungsi sebagai sumber cahaya.
Diy light box

Diy light box



2. Tutup dengan kertas putih pada tiap celah yang sudah dibuat tadi. Kertas putih ini berfungsi untuk memecah pancaran cahaya dari lampu sehingga cahaya dibagian dalam box merata.



3. Langkah terakhir adalah memberi penerangan pada sisi samping atau atas. Saya menggunakan rangkaian led sebagai sumber cahayanya. Jika sudah, maka DIY Light Box sudah bisa dipakai. Untuk testdrive saya hanya menggunakan kamera handphone saya yang kameranya cuma 5Mp :) :)

#Tambahan; kualitas kamera yang digunakan sangat berpengaruh terhadap hasil fotografinya. Jika ingin hasil yang lebih bagus gunakan kamera yang memiliki resolusi tinggi.

Gambar-gambar di bawah ini adalah hasil dari fotografi menggunakan lightbox di atas dan kamera hp 5Mp. Lumayan bagus kan hee.... Selamat bereksperimen....


Diy light box


6 komentar:

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker