Home » » Mengukur Tahanan

Mengukur Tahanan

Ada beberapa prosedure dalam melakukan pengukuran tahanan terutama pada resistor. Sebenarnya resistor memiliki kode warna pada fisiknya namun jika resistor tersebut dalam kondisi rusak maka resistansinya bisa berubah atau bahkan short (resistansi hilang). Oleh karena itu untuk memastikan kondisi resistor  kita biasanya menggunakan multitester. Sebelum mengukur resistor pada rangkaian, pastikan rangkaian dalam keadaan tidak aktif, karena jika terdapat tegangan, nilai tahanan yang terukur akan salah.
 

Banyak hal yang menyebabkan mengapa kita tidak dapat mengukur komponen yang berada dalam rangkaian. Ini dikarenakan alat ukur juga akan mendeteksi tegangan yang melalui komponen dan mendeteksi hal itu sebagai tahanan. Tegangan mengalir dari baterai yang ada di dalam alat ukur. Jika ada tegangan lain, pembacaan alat ukur akan salah.
 

Jika kita mengukur komponen yang masih berada dalam rangkaian (rangkaian tanpa power) pembacaan alat ukur akan lebih rendah dibandingkan dengan pengukuran di luar rangkaian. Jadi pengukuran resistor lebih baik dilakukan di luar rangkaian agar pembacaan alat ukur benar-benar presisi.


Mengukur tahanan

 

 Mengukur tahanan heater (kabel heater)

Mengukur tahanan kabel (high resistance wire)
 
Mengukur tahanan resistor



JANGAN MENGUKUR TAHANAN BATERAI DENGAN MULTITESTER 
 
  1. Jangan pernah mengukur "tahanan dari baterai". Tahanan dari baterai tidak diukur dengan cara seperti gambar di atas. Pengukuran tahanan dari baterai harus dilakukan dengan cara mengukur arus dan tegangannya. Jika anda mengukur tahanan baterai dengan cara seperti gambar di atas, maka alat ukur berpotensi rusak. 
  2. Jangan pernah mengukur resistansi pada semua sumber yang bertegangan. 

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker