Home » , , » Switch ON/OFF Menggunakan Satu Pushbotton

Switch ON/OFF Menggunakan Satu Pushbotton

Proyek ini menjelaskan bagaimana cara membuat penyaklaran yang halus pada sebuah rangkaian (soft touch switch). Dengan sistem ini, penyaklaran ON/OFF bisa dilakukan dengan menggunakan satu buah push botton switch. Tekanan pertama untuk mengaktifkan rangkaian dan tekanan ke dua untuk menon-aktifkan.
Toggle ON/OFF Switch

Rangkaian ini dirancang meliputi timer 555 yang dikonfigurasikan sedemikian rupa dalam satu keadaan dan untuk merubah keadaan tersebut dibutuhkan satu tindakan yaitu tekanan pada pushbotton switch. Tegangan kerja yang dibutuhkan sebesar +5 VDC.
Schematic

Tegangan pada pin 6 dan 2 IC NE555 dalam keadaan 1/2 Vcc. Ketika tegangan output high, kapasitor C1 akan terisi muatan dan muatan tersebut akan kosong jika tegangan output IC dalam keadaan rendah.
Ketika pushbotton ditekan, tegangan kapasitor mengalir ke pin 2 dan 6 dan tegangan output (pin3) berubah sebagaimana perubahan pada tegangan kapasitor. Tegangan high pada output mencapai +5 VDC dan jika kemudian kita tekan kembali maka tegangan pada pin 3 akan turun dan tegangan kapasitor C1 menjadi 0 V. Selanjutnya jika ditekan lagi tegangan output akan kembali dalam keadaan high.
Ketika tegangan output high (+5V) transistor 2N3904 mendapatkan umpan picu pada kaki basis sehingga transistor menjadi switch elektronis yang menghantarkan arus dari coil relay ke ground. Sehingga relay aktif dan merubah keadaan NO (Normally Open) menjadi close dan NC (Normally Close) menjadi open. Dioda D1 berfungsi untuk melindungi transistor dari tegangan balik saat relay off.
Rangkaian dalam keadaan awal (OFF State)
Rangkaian dalam keadaan ke dua (ON State)

8 komentar:

  1. Selamat pagi.
    Saya ingin menggabungkan digital countdown alarm (ada buzzer) dengan rangkaian switch ON/OFF IC555. Ketika alarm berbunyi, akan mengaktifkan switch.
    Mohon petunjuknya. Terima kasih.

    Salam,
    Veni

    ReplyDelete
  2. control yg pake teg 3 volt ada gak gan...

    ReplyDelete
  3. Beli pcb nya ada kah gan. Berapa harga per lembar

    ReplyDelete
  4. Mas mohon bantuanya,klu mau di bikin satu kali pencet relay on tiga kali pencet relay off rangkaiannya gmna?

    ReplyDelete
  5. Maaf pa, dijual rangkaian sdh jadi nya tdk? Yg 12 volt

    ReplyDelete
  6. saya minat rangkaian itu gan, harga berapa

    ReplyDelete

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker