Home » , , » Rangkaian Lampu Emergency

Rangkaian Lampu Emergency

Pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN terkadang menyulitkan kita beraktifitas dengan kegelapan apalagi jika pemadaman tersebut terjadi di malam hari. Jika dahulu kita menggunakan lilin dan lampu minyak sebagai penerangan alternatif, mungkin masih bisa dibayangkan saat mati lampu di malam hari kita harus terhuyung-huyung dahulu mencari lilin atau lampu minyak, selain itu dari segi ekonomis lilin dan minyak sekarang kurang menguntungkan. Lampu emergency dengan LED sebagai penerang kini banyak dijual di pasaran, langkah tersebut sangat inovatif dan ekonomis dibandingkan dengan cara sebelumnya.

Bagi rekan-rekan yang memiliki hobi eksperimen elektronika berikut ini ada gambar rangkaian lampu emergency dengan LED sebagai penerangnya, rangkaian ini juga menggunakan komponen-komponen sederhana dan mudah didapatkan. Hal ini menjadikan rangkaian tersebut menjadi lampu emergency yang ekonomis.
 
Deskripsi:
Rangkaian di atas menggunakan 12 LED dengan intensitas cahaya yang tinggi. Rangkaian ini juga memiliki battery charger otomatis yang akan berhenti mengisi arus jika baterai sudah terisi penuh. Ketika pemadaman listrik terjadi, lampu emergency secara otomatis akan menyala dan akan mati jika listrik dari PLN sudah aktif.

Cara Kerja:
Rangkaian terdiri dari dua bagian yaitu catu daya charger dan LED driver. Catu daya charger dibentuk oleh IC regulator LM317 dan LED driver menggunakan transistor PNP BD140. Pada catu daya charger, tegangan input AC (220V) diturunkan oleh trafo step down 9V 500mA kemudian arus AC tersebut disearahkan melalui dioda bridge (IN4007 X 4). Kapasitor 1000uF/25V berfungsi sebagai filter riak tegangan agar tegangan yang dihasilkan menjadi lebih smooth.

Tegangan yang sudah disearahkan tersebut terhubung pada pin 3 IC LM317 dan tegangan output dari regulator ini yang akan digunakan sebagai penyuplai arus pada baterai melalui D5 dan tahanan pembatas 16 ohm 5 watt. Tahanan trimpot 2,2K berfungsi untuk menyesuaikan arus yang akan disuplay ke baterai.

Ketika baterai sudah terisi 6,8 V, dioda zener akan menghantarkan arus charger dari regulator ke ground melalui transistor NPN BC547 sehingga proses pengisian baterai berhenti. Semua LED terhubung secara paralel dengan resistor 100 ohm yang terhubung secara seri pada masing-masing LED.

46 komentar:

  1. keluaran chargerx stlh d cba kok cma 5,8 volt ya? kira" ada masalah dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tgngan output bs diadjust via trimpot VR1 gan...

      Delete
    2. saya uda adjust via trimpot. kalau saya ukur di output sma ground hasilx bsa 7volt, tetapi pas saya ukur di (+)/(-) kabelx aki kok cma hasilin 5,8volt. #saya pakai 18led. mohon pencerahannya..

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. han, kalo misal akinya saya ganti baterai biasa 4buah(1.5V x 4 = 6V) bisa gan? ato harus arusnya 4.5Ah gan? soalnya kalo pake baterai biasa paling arusnya nyampe 700mA

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aj gan tp kn boros, baterai AA rt2 di bwh 3Ah...

      Delete
    2. boros gmn gan? kan nantinya juga d charge bukan?
      alasan kenapa ane pake baterai soalnya ane mau idupin mikrokontroler aja gan, bkan LED sebanyak itu. klo mikro itu inputnya cma 5v, amperenya cma 20mA.
      nah kalo ane pake 4 batre AA chargeable efektif gg gan?
      maaf gan, ane newbie, mohon bantuannya :)

      Delete
    3. sy kira mo dipake kyk aplikasi di atas, mikrokntrler bs pake 4 buah baterai AA rechargable, asal setelah baterai ditambah regulator 7805 spy output stabil 5volt.... chargernya beli yg biasa dijual dipasaran bnyk.

      Delete
    4. saya rencana mau buat sistem alarm gan, jadi sumber daya wajib ada terus, makanya saya lagi cari rangkaian baterai cadangan gan. makasih gan, postingannya usefull bgt :)
      kalo misal d charge d rangkaian ini seklian gg bisa gan? soalnya bkannya ini rangkaian juga bs ngecharge?
      rencananya saya mau ganti inputnya bukan trafo, tapi pembagi tegangan output 9v/25mA
      kalo d aplikasiin d rangkaian ini ngaruhnya apa ya gan?

      Delete
    5. baterai bs pakai baterai AA 4 buah asal baterai dikoneksikan secara seri (1,5 x 4 = 6 volt). power source bs pakai sistem pembagi tegangan asal tegangan keluarannya DC dan tegangan output sesuai dengan yg dibutuhkan input regulator charger.

      Delete
  3. Assalamualaykum gan ane mau tanya nih,agak sdikit g nyambung sih sma postingannya, ane bru belajar electro, hhe klo untuk LDR itu yg 3 kaki,apa sma kaya yg dua kaku gan ? Itu gmna yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumslm... setau saya LDR cm pnya 2 pin gan, seandainya ada 3, mungkin tu udah ada pembagi tegangannya jadi pinnya terdiri dari V+, GND & Vout...

      Delete
  4. Gan,rangkaian di atas bisa menghasilkan lampu setara brp watt,dan kuta nya brp jam?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl diaplikasikan sesuai rangkaian di atas, bebannya skitar 3,2w karena LED 10mm umumnya btuh suplai 3,4v 80mA/LED. Dengan baterai yg kapasitasnya 4,5Ah rangkaian diatas bs brtahan kurang lbih 8 jam

      Delete
  5. gan ane udah bikin sesuai sama skemanya, pas dicek ada arus ngalir tapi kok led ga nyala ya? apa tegangan PLN harus sengaja dimatikan dulu baru led nyala? mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gan... led ON saat PLN OFF dan led OFF saat PLN ON...

      Delete
  6. Gan kalo out nya mau sy gnti pake inverter brarti ngambilnya dr c tr bd140 kan?
    Trus kalo mau pake aki 12v, zener d ganti 12v bisa kan kalo sumber d buat 12v?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups bener gan... dioda zener pake yg 12v/1w agr baterai bs terisi full, begitu jg trafonya gnti dengan 12v.

      Delete
    2. Kalo trafo diganti yg 1A gimana gan?

      Delete
    3. Ya gak masalah gan, bsr kclnya arus bs mempengaruhi kecptn proses pengisian baterai.

      Delete
    4. Takutnya kalo arus d besarkan batre cpet rusak.
      Oke makasih gan. Sangat berguna blognya..

      Delete
    5. Sip sama2 gan udah mmpir... salam sukses....

      Delete
  7. Gan,,
    Bisa-ngak klo led nya di perbanyak lagi.?
    Trus gimana cara ngukur outputnya.?
    thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tambah LED sebaiknya kapasitas baterai dan transistor driver LEDnya juga disesuaikan/diganti.

      Delete
  8. kalau seumpama battery diganti dengan power supply bagaimana rangkaiannya pak? mohon informasinya. terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sbnrnya rangkaian di atas sdh ad powersupplynya hnya sja berperan sbg charger baterai. Kl tdk ingin pke baterai ckup mlepas baterai dan rangkaian feedback chargernya yg terdiri dr dioda zener, resistor 1,2K dan transistor BC547.

      Delete
  9. pak boleh minta video cara merangkainya.. saya ingin membuat lampu ini tapi ada kesulitan dalam merangkainya.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mba sy blm prnh mmbuat dokumentasi secara visual. cb searching di youtube mungkin ad. trims sdh visit. slm sukses

      Delete
  10. mau tanya kalau diberi indikator full bisa gak ya? kalau bisa boleh minta skemanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ni linknya semoga bermanfaat... makasih udah visit...
      http://www.eleccircuit.com/wp-content/uploads/2010/07/Integrated-battery-level-indicator-with-3-level-led.jpg

      Delete
  11. gan mohon maaf... Ini klo untuk matiin lED nya gimana? kan kalau siang hari harus dimatiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sblum trafo bs ditmbhkn sakelar on/off sbg power switch krn jika pemadaman listrik trjadi di siang hari maka penerangn emergency tdk diperlukan. Maksih udh brkunjung.

      Delete
  12. Pak, bisa disebutkan tidak komponen-komponennya secara rinci? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada gambar rangkaian sudah dicantumkan seri/nilai komponennya. Sy kira itu sudah cukup jelas mas. Trimakasih sdh berkunjung. Sukses...

      Delete
    2. Itu yang diantara lampu led dan resistor 100r lambang apa ya?

      Delete
    3. Mungkin mksud anda transistor BD140 y? Itu transistor PNP brperan sbgai switch elektronik utk mnyalakan led.

      Delete
  13. Bukan.. Hehehe. Yang warna coklat mirip dioda terus ada lingkaran dan tanda panah kebawah.. Apakah itu komponen atau hanya arah arus?Maklum saya masih pemula. Terimakasih.

    ReplyDelete
  14. Itu simbol LED mas. Trimakasih sdh brkunjung. Sukses....

    ReplyDelete
  15. Mas, untuk pengisian baterainya berapa lama? Atau bisa dicoba dulu rangkaiannya nyala atau tidak dengan langsung menghubungkannya ke arus listrik tanpa disambung ke baterai 4,5 ah nya?

    ReplyDelete
  16. saya punya emergency lamp dengan source aki kering 6V dan lampu neon 2 buah. Rencananya mau saya ganti pake led SMD 5730. Bagaimana caranya pak Tri ?? Mohon pencerahan....nuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tu outputnya 220vac y mas? Mnurut sy lbh simpel dgn menambahkan driver led setelah inverter. Led smd 5730 butuh tgngn 3,2v n arus 150mA. Skitr 0,5w/led.
      Jd semisal mo pake 10 led tgngan output dr inverter hrs diturunkn stdkny jd 30vdc n led hrs dipsng secara seri. Semoga brhsil.

      Delete
  17. pcb layout bos ?

    ReplyDelete

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker