Home » » Portable LED Lantern

Portable LED Lantern

Rangkaian ini merupakan lampu emergency dengan 20 LED (White straw hat LED). Kelebihan dari rangkaian ini adalah dapat disuplai dengan charger baterai handphone 5VDC (atau menggunakan solar panel untuk mengisi muatan baterai). 



Ketika charger HP dikoneksikan ke rangkaian melalui J1, baterai lead acid 4V akan mulai terisi muatan melalui dioda D1 dan LED 1 akan menyala sebagai indikator proses recharging baterai. Transistor T1 berfungsi sebagai saklar elektronik yang menonaktifkan LED driver (transistor T2) selama proses pengisian baterai.

Ketika baterai tidak mendapat tegangan input dan switch SW1 dalam posisi ON, transistor T2 akan mendapatkan bias pada kaki basis melalui resistor R3 dan mengaktifkan LED.  Saklar S2 adalah selektor switch yang berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya LED. Ketika dalam keadaan "Dim mode", arus LED akan dibatasi oleh resistor R4 dan intensitas nyala lampu dalam keadaan sedang. Ketika S2 dalam keadaan "Bright mode", arus maksimal akan dicapai melalui kombinasi paralel R4 dan R5, sehingga nyala LED lebih terang. 

Source : electroschematics.com

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker