Home » , » Apa itu Kapasitor?

Apa itu Kapasitor?

Kapasitor adalah salah satu komponen pasif yang menyimpan energi dalam bentuk medan elektrostatik. Dalam bentuk yang paling sederhana, sebuah kapasitor mengandung dua lempeng penghantar yang terpisah oleh bahan insulator yang disebut thedielectric. Kapasitansi berbanding lurus dengan area permukaan lempeng, dan berbanding terbalik dengan pemisahan antara pelat. Kapasitansi juga bergantung pada konstanta dielektrik dari bahan yang yang memisahkan pelat.

Satuan standar dari kapasitansi adalah Farad, disingkat F. Ini merupakan satuan yang luas, satuan umum lainnya adalah mikrofarad disingkat uF (1 uF = 10-6F) dan picofarad disingkat pF (1 pF = 10-12 F).


Kapasitor juga dapat dikemas dalam chip. Umumnya dirangkai dengan transistor dalam dynamic random access memory (DRAM). Kapasitor membantu mempertahankan kandungan memori, karena ukurannya yang kecil, komponen ini memiliki kapasitansi yang kecil. Mereka harus diisi muatan ribuan kali per detik atau DRAM akan kehilangan datanya.


Kebanyakan kapasitor dipakai dalam catu daya pada semua jenis rangkaian elektronika, termasuk komputer dan segala aksesorisnya. Dalam sistem ini, kapasitor berfungsi sebagai filter tegangan output dari rectifier agar stabil seperti tegangan output dari baterai.

Baca juga "Cara Menghitung Nilai Kapasitor "

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker