Home » » Memperbaiki Magic Com

Memperbaiki Magic Com

Melihat judul di atas mungkin banyak yang berfikiran "apa nggak ada lagi postingan yang lebih gereget selain servis magic com?". Secara, banyak yang menganggap piranti ini sepele dan berharga murah. Sehingga jika rusak ya tinggal beli baru.  Maklumlah, saya cuma tukang servis gan yang selalu ingin menjaga suatu barang agar tetap bisa digunakan dan bermanfaat. hehe...Let's go to points!!!
Reparasi magic com


MAGIC COM, secara umum dikenal sebagai piranti elektronik yang berfungsi untuk memasak dan menghangatkan nasi (bagi anak kost bisa untuk masak mie juga, hehe).

Memiliki beberapa komponen seperti:
  1. Heater, terdiri dari 3 jenis heater yaitu cast heater untuk memasak dan dua buah mica heater berfungsi untuk menhangatkan. Cast heater terletak di bagian bawah bowl sedangkan mica heater terletak di bodi dan tutup magic com. 
  2. Thermostat, terdiri dari 2 jenis yaitu center thermostat/MT Switch dan thermostat body. Center thermostat berfungsi untuk mengontrol temperatur saat menanak nasi (cooking) dan thermostat body berfungsi untuk mengontrol temperatur saat menghangatkan nasi (warming). 
  3. Thermal fuse, komponen ini berfungsi sebagai pengaman heater jika terjadi overhit, umumnya bernilai sekitar 150 derajat Celcius. 
  4. Limit switch/leaf switch, berfungsi sebagai sakelar selektor antara proses menanak dan menghangatkan nasi. 
  5. Indikator, terdiri dari dua buah lampu yang berfungsi sebagai penanda magic com dalam kondisi memasak atau menghangatkan. Komponen magic com
Kerusakan yang umum terjadi pada magic com dan cara mengatasinya:
Mati total (tidak bisa memasak dan menghangatkan nasi).
Ketika kabel dicolokkan ke stop kontak, magic com yang masih normal akan berada di posisi "menghangatkan" (indikator warm menyala). Jika lampu indikator tidak menyala dan tidak ada perubahan suhu di dalam magic com, maka:
  1. Sebelum membongkar magic com, ukur terlebih dahulu nilai hambatan heater dengan cara hubungkan kedua kaki steker pada masing-masing probe multitester dengan skala X10. Jika jarum multitester naik (menunjukkan nilai hambatan), maka magic com masih normal. Mungkin saja magic com tidak aktif karena sumber power bermasalah. Jika multitester tidak menunjukkan nilai hambatan, maka lanjut ke nomor 2.
  2. Periksa kabel power menggunakan multitester (buka casing magic com). Hubungkan kedua ujung kabel ke masing-masing probe multiteseter dengan skala X1, Jika jarum multitester tidak naik itu artinya kabel putus dan perlu diganti/diperbaiki. Jika kabel normal, lanjut ke nomor 3.
  3. Uji thermal fuse. Hubungkan kaki thermal fuse ke masing-masing probe multitester dengan skala X1. Jika jarum multitester tidak naik, artinya thermal fuse rusak dan perlu diganti. Biasanya magic com tidak aktif disebabkan oleh rusaknya thermal fuse. Tapi jika thermal fuse juga masih bagus, maka lanjutkan ke nomor 4.
  4. Uji limit switch, Periksa dengan multitester, COM dan NC terhubung saat kondisi normal dan COM dan NO terhubung saat posisi switch ditekan. Jika saat pengujian jarum multitester tidak naik, maka leaf switch perlu diganti. Magic com mati total pasti disebabkan oleh salah satu dari 4 faktor ini.

Tidak bisa menghangatkan nasi/nasi cepat berembun dan basi.
Jika magic com bisa memasak tapi tidak bisa menghangatkan sama sekali, maka lakukan langkah berikut.
  1. Uji limit switch. Pada saat menghangatkan, limit switch dalam kondisi tertekan (pin NO close dan terhubung ke COM). Periksa menggunakan multitester skala X1, jika jarum multitester tidak naik artinya limit switch rusak dan perlu diganti. Jika limit switch normal, lanjut ke nomor 2.
  2. Periksa thermostat menggunakan multitester dengan skala X1, jika jarum multitester tidak naik artinya thermostat rusak dan perlu diganti. Jika thermostat juga normal, maka lanjutkan ke nomor 3.
  3. Ukur nilai resistansi menggunakan multitester dengan skala X10 jika jarum tidak naik menunjukkan nilai resistan artinya heater mica putus dan perlu diganti. Jika ternyata heater juga dalam kondisi normal, maka bisa dipastikan ada koneksi kabel yang putus diantara ketiga komponen tersebut.
Jika magic com bisa menghangatkan tapi tidak optimal sehingga nasi berembun dan cepat basi, biasanya heater di bagian tutup magic com tidak aktif. Hal ini bisa dikarenakan heater atas putus atau bisa juga koneksi kabelnya yang putus. Kendala seperti ini paling sering disebabkan karena kabel heater atas putus karena efek dari buka tutup magic com membuat kabel heater tertarik atau terjepit. Solusinya dengan membuka casing tutup magic com kemudian menyambung kembali kabel yang putus.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker