Home » » Apa Itu Konduktor Listrik?

Apa Itu Konduktor Listrik?

Konduktor atau penghantar listrik umumnya terbuat dari material logam yang dapat menghantarkan arus listrik. Penghantar yang paling bagus adalah perak, diikuti tembaga kemudian aluminium. Tembaga kebanyakan dipakai pada semua peralatan elektronika karena tahanan jenisnya rendah, relatif murah, tahan korosi, dapat dilebur dan penanganannya mudah. Penghantar dengan bahan aluminium sering dipakai untuk perkabelan yang berdaya besar, tapi koneksi aluminium membutuhkan perhatian khusus untuk mencegah korosi.
Penghantar-penghantar kecil seperti kabel magnet memiliki rentang arus hanya beberapa miliampere, sedangkan jaringan bus bar memiliki rentang mencapai ribuan ampere. Rentang arus umumnya dibatasi kepada kenaikan suhu karena konduuktor menjadi hangat pada saat mencapai arus maksimal. Konduktor memiliki sebuah ampacity atau rentang arus. 

Ada juga kabel dengan jenis serabut, hal ini menjadikan kabel lebih fleksibel. Umumnya dipakai pada peralatan elektronika.
 
Dalam pemasangan instalasi listrik ada beberapa jenis kabel yang sering digunakan yaitu kabel NGA, NYA, NYM, NAYA, NYY, NYFGbY dan NYRGbY. Untuk kabel instalasi yang dipasang ditempat yang aman dan dalam dinding atau inbow adalah kabel NGA, NYA, NAYA, sedangkan kabel yang ditanam dalm tanah adalah kabel jenis NYY, NYFGbY DAN NYRGbY.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker