Home » , » Permasalahan Pada Kipas Angin

Permasalahan Pada Kipas Angin

Kipas angin sebenarnya bukanlah piranti yang mahal, kebanyakan orang mengatasi kipas rusak dengan cara Lem Biru (Lempar kemudian beli yang baru) tanpa melakukan identifikasi kerusakannya. Padahal permasalahan pada kipas angin yang tidak berputar atau putarannya lemah terkadang hanya kerusakan ringan dan tidak membutuhkan biaya besar untuk memperbaikinya.

Belum lama ini ibu mertua pernah mengeluhkan kipas anginnya yang setiap dinyalakan tidak langsung berputar, bisa berputar setelah 10 menit kemudian itupun putarannya lambat.
 

Dari keluhan itu saya langsung berfikiran kapasitornya rusak dan harus diganti. Saya langsung membeli kapasitor yang sama yaitu 1,5uF dan langsung saya pasang. Namun setelah dinyalakan, kipas tetap tidak berputar. Wah... kok gak ada perubahan ya. Akhirnya saya perhatikan kipas sambil identifikasi dan iseng memutar baling-baling kipas dengan jari tapi baling-baling terasa berat saat saya putar. Oh... ternyata motornya agak seret.

Dari situ saya bongkar bushing motor dan bersihkan kemudian pasang kembali sambil memposisikan hingga as motor dan kedua bushing dalam posisi yang pas. ketika memasang bushing saya putar-putar asnya untuk memperkirakan posisi benar-benar pas dan putaran menjadi ringan.

Setelah itu saya pasang kembali semuanya sesuai semula kemudian saya nyalakan kipas. Alhamdulillah... kipas langsung berputar dengan kencang, lebih kencang dari sebelumnya. Saya coba speednya mulai speed 1, 2 dan 3 tidak ada masalah.

Dari situ saya menyimpulkan bahwa ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kipas angin di rumah kita tidak bisa bekerja dengan baik seperti berikut.

Putaran kipas lambat
Bisa disebabkan karena bushing motor kurang pas karena mengalami pergeseran yang disebabkan oleh getaran atau bushing mengalami keausan. Sehingga putaran as motor menjadi berat.
Solusinya adalah buka bushing kipas kemudian sesuaikan posisi antara as motor dengan kedua bushing. Jika memang bushing rusak maka harus diganti.
 

 Bushing motor kipas angin

Motor berdengung tetapi kipas tidak berputar.
Umumnya disebabkan oleh kapasitor motor yang mulai bocor atau melemah. Solusinya adalah dengan cara mengganti kapasitor tersebut, umumnya memakai 1,5uF.
 

 Kapasitor motor kipas 1,5uF/400V

Motor tidak berdengung dan kipas tidak berputar.
Bisa disebabkan karena adanya jalur yang terputus pada kabel power mulai dari stecker hingga motor kipas.
Bisa juga disebabkan karena sekering kipas terputus. Solusinya adalah mengganti sekering dengan nilai yang sama.
Selain itu bisa juga karena dinamo kipas terbakar atau rusak. Ini adalah final, ganti dinamo atau beli kipas baru...


 Motor kipas angin

Postingan ini tidak bermaksud menggurui karena saya juga pemula dan masih banyak awamnya mengenai dunia elektro. Ini sekedar pengalaman pribadi yang ingin saya share pada rekan-rekan sesama hobi. semoga bermanfaat... Trims....

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker