Home » » Rangkaian Sirene Elektronik

Rangkaian Sirene Elektronik

Sebuah sirene elektronik ini terbuat dari komponen-komponen sederhana. Saklar push-botton berfungsi untuk membuat suara. Ketika ditekan, nada akan tinggi dan ketika dilepas nada akan rendah.

Dengan nada yang dihasilkan seperti ini mirip dengan sirene mobil polisi di Amerika. Pada keadaan awal, kapasitor 10uF dalam keadaan kosong dan kedua transistor tidak aktif. Ketika pushbotton ditekan, kapasitor 10uF akan terisi muatan melalui resistor 22K. Tegangan ini dialirkan pada kaki basis transistor BC108D yang akan aktif secara perlahan. ketika pushbotton dilepas, kapasitor akan melakukan pengosongan melalui resistor 100K dan 47K dan transistor secara perlahan akan mati. Perubahan tegangan ini mengubah frekuensi sirene.

Berikut ini adalah kinerja osilator:
Ketika transistor BC108B aktif, tegangan kolektor mengalir ke emitor sehingga transistor 2N3702 akan aktif. Ini terjadi dengan sangat cepat (kurang dari 1uS). Kapasitor 22nF akan mengisi muatan secepat mungkin. sebagaimana kapasitor ini terhubung antara kolektor 2N3702 dan basis dari BC108B, transistor segera mencapai tegangan suplai hampir penuh. Arus pengisian kapasitor kemudian banyak berkurang dan oleh karena itu tegangan emitor kolektor 2N3072 meningkat; tegangan kolektor akan turun. perubahan tegangan ini melewati kapasitor 22nF ke basis transistor BC108B menyebabkannya keluar dari titik jenuh. sebagaimana kejadian ini tegangan kolektor akan naik dan menonaktifkan transistor 2N3072 lagi. Ini terus berlangsung hingga transistor off. Kapasitor 22nF kemudian melakukan pengosongan melalui resistor 100K, 22K, saklar pushbotton, baterai 9V, speaker dan resistor 56 ohm. Pengosongan muatan memakan waktu sekitar 5-6 milisekon. Segera setelah kapasitor kosong, transistor BC108B akan aktif kembali dan siklus berulang lagi. Perbedaan tegangan pada kolektor BC108B (yang disebabkan oleh pengisian muatan kapasitor 10uF) mengakibatkan nada sirene berubah. Sebagaimana kapasitor 10uF terisi muatan, suara sirene akan tinggi dan ketika kapasitor melakukan pelepasan muatan, suara sirene akan kecil. Loudspeaker 64ohm bisa digunakan dengan cara menghubungkan speaker 8ohm dan resistor 56ohm secara seri. Nilai-nilai komponen dapat diubah untuk menghasilkan efek suara yang berbeda.

Dalam rangkaian ini drain arus yang mengalir sangat tinggi, sehingga dibutuhkan catu daya yang sesuai. Durasi naik-turunnya nada sirene ditentukan oleh kapasitor 10uF dan resistor 22K. Nilai-nilai ini dapat divariasikan untuk menghasilkan efek suara yang berbeda.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker