Home » » Electret Condenser Microphone ECM

Electret Condenser Microphone ECM

Postingan ini menjelaskan bagaimana cara menggunakan ECM (electret condenser microphone). Semua mikrofon bagian dalamnya berbentuk bundaran kecil dari logam yang kemasannya terbuat dari bahan plastik atau juga dari logam. Pada bagian akhir akan dijelaskan bagaimana cara mengubah rangkaian dari input mikrofon dinamik ke input ECM. 
 
Bagian dalam mikrofon 
Jika dilihat dari bagian atas, semua mikrofon terlihat sama seperti gambar di samping. ECM ini tidak terlalu mahal dan banyak dijual di toko-toko elektronik. Selain itu ECM juga dapat menghasilkan output suara dengan kualitas yang bagus. Dalam ECM berisi mic elektret dengan sensitifitas yang sangat tinggi dan sebuah penguat FET terpisah.

Amplifier berfungsi untuk mengangkat impedansi output agar tinggi dan meningkatkan sinyal suara sekitar 1 hingga 2 mV saat berbicara dengan jarak 1 meter dari mic. Sebuah ECM dapat beroperasi dengan tegangan baterai 6V hingga 15Vdc dan menyerap arus sekitar 1mA. Serangkaian resistor dibutuhkan dan nilainya biasanya 1K hingga 4,7K ohm.  


ECM dua terminal
ECM ini terdiri dari dua terminal, terminal ground pada ECM dua terminal biasanya berupa solderan timah yang menyentuh bodi mic. Terminal sumber tegangan dan output menjadi satu seperti yang ditunjukkan pada gambar di samping (kanan).

ECM Tiga Terminal

Pada ECM tiga terminal, ciri ground sama seperti ECM dua terminal, dua jalur lagi sebagai output audio dan sumber power. Semua ukuran bagian dalam mic berbentuk kecil, rata-rata berdiameter 10mm. 

 

Gambar di bawah ini adalah simbol rangkaian ECM dua terminal dan ECM 3 terminal. Untuk menggunakan ECM dua terminal, outputnya juga terhubung dengan sumber power, mengalir melalui resistor pembatas arus (1K - 2,2K ohm). Sedangkan untuk ECM tiga terminal, Sumber tegangan dan sinyal output terpisah.
ECM 2 terminal
ECM 3 terminal

Cara mengonversi rangkaian (mikrofon dinamik ke ECM)

Jika kita ingin mengubah mic dari mikrofon dinamik ke ECM, maka kita juga harus menyesuaikan rangkaian dengan menambahkan resistor pada terminal powernya. Rangkaian tersebut ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

5 komentar:

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker