Home » » Simbol-simbol Komponen Elektronika

Simbol-simbol Komponen Elektronika

Diagram di bawah menunjukkan beberapa komponen pasif seperti resistor, kapasitor dan induktor, dan juga komponen-komponen kelistrikan seperti sakelar, relay, motor dan lampu. Selain itu juga menunjukkan simbol untuk wiring (terhubung/tidak terhubung). Di Eropa, simbol resistor berbentuk persegi sedangkan di Amerika berbentuk zigzag.
 

Diagram berikutnya menggambarkan komponen-komponen aktif. Perbedaan antara aktif dan pasif adalah bahwa komponen aktif membutuhkan sumber power untuk bekerja, sedangkan komponen pasif tidak membutuhkannya. Simbol-simbol bagian atas merupakan vacuum tube atau komponen thermionic. Meskipun sekarang komponen tersebut sudah diganti dengan transistor dan IC yang lebih kecil, namun komponen tersebut masih dipakai dalam perangkat-perangkat audio profesional dan beberapa radio receiver. Saya ingin menjelaskan bahwa kelangkaan komponen thermionic bukan karena kinerjanya tidak bagus, tetapi karena ukuran fisiknya yang besar, bobot serta konsumsi powernya jika dibandingkan dengan transistor. Simbol-simbol komponen aktif versi Amerika ditandai dengan lingkaran sedangkan komponen versi Eropa tidak. 

2 komentar:

  1. sayang nya saya dari dulu kurang senang sama elektro, padahal artikel-artikel anda sungguh bermanfaat. ijin share ya ke Etalase Blogger. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke bos, mungkin ketertarikan kita beda dan keunggulan anda di bidang lain yg jg bermanfaat... salam sukses...

      Delete

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker