Home » , , » Rangkaian Pengendali Suhu Komputer

Rangkaian Pengendali Suhu Komputer

Berikut ini adalah sebuah rangkaian sederhana yang dapat mematikan komputer anda ketika suhu komputer melebihi suhu optimalnya. Ketika komputer aktif, kebanyakan IC juga akan menjadi cukup panas, jika suhu komputer terlalu panas, komponen-komponen tersebut mungkin tidak dapat menyerap panas dengan cepat. Dalam keadaan ini komponen berpotensi mengalami kerusakan.

Kita asumsikan suhu maksimum komputer saat bekerja adalah 55 °C. Jadi untuk mengamankan komputer anda, temperature controller ini menggunakan sensor suhu IC LM35 dan komponen pembanding (comparator) IC CA3140 sebagai pemutus tegangan suplai kapan saja apabila temperature PC mencapai 55 °C. Set point ini dapat kita atur antara 0 - 100 °C.


Gambar di atas menunjukkan rangkaian pengendali suhu komputer, sedangkan gambar di bawah menunjukkan konfigurasi setiap pin dari komponen yang digunakan. Rangkaian bekerja dengan tegangan suplai 9 VDC yang didapatkan dari sumber utama dengan cara berikut; Tegangan suplai disearahkan oleh empat buah dioda penyearah (bridge). Arus yang sudah disearahkan tersebut diredam tegangannya oleh R1 dan R2 dan kemudian distabilkan oleh dioda zener ZD1. Kapasitor C1 berfungsi sebagai filter untuk menghilangkan tegangan riak, sehingga tegangan yang mengalir ke sensor dan komparator akan menjadi lebih halus.


Dengan menggunakan VR1, kita dapat mengubah tegangan referensi. Pengaturan tegangan tersebut terletak di penguat non-inverting (pin 3) dari komparator. Misalkan kita atur 55 °C (0,55 V). Ketika suhu komputer di bawah 55 °C, tegangan input penguat inverting (pin 2) dari IC 2 lebih rendah dari tegangan penguat non-inverting (pin 3). Pada keadaan ini output IC2 (pin 6) berupa sinyal high. tegangan tersebut memberikan trigger pada triac BT136 dan komputer bekerja.

Ketika suhu komputer naik mencapai 55 °C, tegangan pada input penguat inverting juga akan naik mencapai tegangan referensi 0,55 Volt. Sehingga output dari komparator akan menjadi rendah dan memutuskan umpan trigger triac. Dengan demikian komputer tidak mendapatkan power dan komputer akan berhenti bekerja.

Pada dasarnya, rangkaian ini akan memberikan power pada komputer selama suhu komputer dibawah 55 °C dan ketika suhu komputer mencapai 55 °C, maka komputer akan berhenti bekerja (off).

Tambahan:
Rangkaian ini juga dapat diaplikasikan sebagai pendingin suhu komputer dengan cara memasang kipas sebagai beban (load). Akan tetapi kita harus memindahkan input pada penguat non-inverting (pin3) dan tegangan referensi pada penguat inverting (pin2). Sehingga ketika tegangan input mencapai tegangan referensi, output dari komparator akan dalam keadaan high begitu juga sebaliknya.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Alexa Rank


Followers

gif maker